Mantan pemberontak, pengusaha untuk bersaing dalam pemilihan presiden Kolombia 

BOGOTA, Kolombia (AP) — Pemilih Kolombia memilih perubahan dramatis dalam politik kepresidenan, memilih mantan pemberontak sayap kiri dan pengusaha populis luar untuk maju ke pemilihan putaran kedua pada Juni di tengah harapan wajah baru dapat menarik mereka keluar dari kerusakan ekonomi dari pandemi. 
 
Senator Kiri Gustavo Petro memimpin enam kandidat pada Minggu dengan lebih dari 40% suara, sementara taipan real estate Rodolfo Hernández, yang tidak memiliki hubungan dekat dengan partai politik mana pun, menempati urutan kedua dengan lebih dari 28%, pejabat pemilu melaporkan. 
 
Keduanya jauh dari kaum konservatif dan moderat yang telah lama memerintah negara Amerika Selatan itu. 
 
Petro, yang terdepan sepanjang kampanye, bisa menjadi kepala negara pertama Kolombia dari kiri, yang selama bertahun-tahun telah terpinggirkan karena dianggap terkait dengan konflik bersenjata negara itu. Hernández, yang penampilannya mengejutkan banyak orang, telah dibandingkan dengan mantan Presiden AS Donald Trump karena retorika anti kemapanannya. 

Mereka akan berhadapan pada 19 Juni di tengah lingkungan terpolarisasi yang sama dan meningkatnya ketidakpuasan atas meningkatnya ketidaksetaraan dan inflasi yang membayangi putaran pertama pemilihan. Seorang kandidat membutuhkan 50% suara untuk menang langsung di putaran pembukaan. 

 
Mereka akan berhadapan pada 19 Juni di tengah lingkungan terpolarisasi yang sama dan meningkatnya ketidakpuasan atas meningkatnya ketidaksetaraan dan inflasi yang membayangi putaran pertama pemilihan. Seorang kandidat membutuhkan 50% suara untuk menang langsung di putaran pembukaan. 

Petro telah berjanji untuk membuat penyesuaian signifikan terhadap ekonomi, termasuk reformasi pajak, dan mengubah cara Kolombia memerangi kartel narkoba dan kelompok bersenjata lainnya. Hernández memiliki sedikit koneksi ke partai politik dan berjanji untuk mengurangi pengeluaran pemerintah yang boros dan menawarkan hadiah bagi orang yang melaporkan pejabat korup. 
 
“Yang diperdebatkan hari ini adalah perubahan. Partai-partai politik yang bersekutu dengan pemerintah (incumbent Ivan) Duque, proyek politiknya, telah dikalahkan di Kolombia,” kata Petro kepada para pendukungnya saat mereka merayakannya di markas kampanyenya di Bogotá. “Total suara Kolombia meluncurkan pesan itu ke dunia: Sebuah periode berakhir; sebuah era akan berakhir.” 
 
Hernández, dalam siaran langsung setelah hasil awal menunjukkan dia maju ke putaran kedua, mengatakan dia tetap teguh pada komitmennya untuk mengakhiri “korupsi sebagai sistem pemerintahan.” 
 
IKLAN 
 
“Sekarang, kita memasuki periode kedua, dan beberapa hari ke depan ini akan menentukan masa depan negara,” katanya. 
 
Ini adalah pemilihan presiden kedua yang diadakan sejak pemerintah menandatangani pada tahun 2016 perjanjian damai dengan Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia, yang dikenal sebagai FARC untuk inisialnya dalam bahasa Spanyol. Namun kesepakatan yang memecah belah bukanlah isu utama selama kampanye, yang berfokus pada kemiskinan, inflasi, dan tantangan lain yang diperburuk oleh pandemi. 
 
Ini adalah upaya ketiga Petro untuk menjadi presiden. Dia dikalahkan pada 2018 oleh Duque, yang tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan diri kembali. 
 
Sebagai tanda perlawanan terhadap pemerintah kiri, Gutierrez mendukung Hernández tak lama setelah ia gagal maju ke putaran kedua. 
 
“Mengetahui bahwa posisi kami sangat menentukan masa depan Kolombia, kami telah membuat keputusan … kami tidak ingin kehilangan negara,” kata Gutierrez, menambahkan bahwa dia akan mendukung Hernández karena dia tidak ingin menempatkan Kolombia “pada mempertaruhkan.” 
 
Petro pernah menjadi pemberontak dengan gerakan M-19 yang sekarang sudah tidak ada dan diberikan amnesti setelah dipenjara karena keterlibatannya dengan kelompok tersebut. 
 
Hernández, mantan walikota utara-tengah kota Bucaramanga, melonjak dalam jajak pendapat baru-baru ini dengan janji untuk “membersihkan” negara dari korupsi dan untuk menyumbangkan gajinya. Beberapa melihat hubungan parsial antara dia dan Trump. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.