Kecaman Para Pekerja Minyak USO Pada Pemerintah dan Ancaman Militer Catatumbo

Kolombia selalu punya cerita dan berita mengenai serikat pekerja. Kabar kali ini datang dari para serikat pekerja penambangan minyak USO di sana .

Apa yang sebenarnya terjadi ?

Simak ulassan kami dibawah ini

Jauh Dari Kesepakatan

Serikat pekerja minyak USO telah mengkritik pihak berwenang Kolombia karena gagal menerapkan ketentuan inti dari perjanjian damai 2016 dan kurangnya tanggapan terhadap komunikasi mendesak serikat pekerja.

Dalam sebuah pernyataan, USO mengatakan bahwa, di bawah persyaratan proses perdamaian, negara telah berkomitmen untuk melindungi kehidupan aktivis oposisi dan pemimpin sosial, untuk menghancurkan paramiliterisme dan untuk mengakui legitimasi organisasi publik dan protes. Semua ini tidak terjadi, katanya.

USO juga mengkritik jaksa agung karena kurangnya tanggapan terhadap sekitar 30 komunikasi yang dikirim oleh serikat pekerja yang melaporkan ancaman, serangan, dan bentuk-bentuk pelecehan lainnya terhadap anggota serikat pekerja dan masyarakat. Ini menunjukkan negara Kolombia sebagai ‘rezim tanpa perlindungan dan impunitas’, kata pernyataan itu.

Salah satu insiden menyangkut anggota USO Alexis Soto, seorang bawahan dari Tib, yang pada 9 Februari menerima pesan teks ancaman terhadap keluarganya.

TibĂș terletak di wilayah Catatumbo, yang terus mengalami paramiliterisme tingkat tinggi yang dimungkinkan oleh ketidakmampuan atau keengganan pasukan keamanan untuk campur tangan. Menurut USO, paramiliter beroperasi secara bebas di wilayah tersebut, mengancam dan mengintimidasi penduduk, sementara tentara dengan cepat menindas organisasi sosial.

Pernyataan itu meminta pihak berwenang Kolombia untuk menyelidiki situasi di wilayah tersebut, untuk meminta pertanggungjawaban pihak-pihak yang bersalah dan untuk memberikan keamanan bagi keluarga Alexis Soto.

Leave a Comment

Your email address will not be published.